Playlist

Kamis, 27 September 2012

Tips Dan Cara Efektif Belajar Matematika

Tips dan Cara Efektif Belajar Matematika


Matematika, bagi sebagian orang memang momok, pelajaran yang menakutkan karena dianggap sulit. Akan tetapi, tidak berarti matematika tidak bisa dikuasai atau dipelajari. Justru kondisi tersebut seharusnya dapat membuat kita tergerak dan terpacu agar berusaha memahami dan menguasainya.

Cara-cara yang dapat memudahkan dalam belajar matematika, contohnya:


• Membuat Rumus Ringkas di samping kanan catatan

Ringkasan rumus adalah suatu langkah kecil, namun besar dalam proses memahami matematika. Ringkasan ini terdiri atas rumus-rumus umum atau dasar dari setiap bab pelajaran. Oleh sebab itu, setiap saat kita bisa belajar matematika dengan sesekali melihat ringkasan rumus tersebut.

• Selalu Berusaha Mengulangi Pelajaran

Matematika bagi sebagian besar orang memang sulit, namun ada peribahasa mengatakan ''semua bisa karena biasa''. Bila kita telah terbiasa melakukan suatu hal, maka kita pasti bisa. Ini adalah hukum alam.

• Mencoba Mengerjakan Soal Buatan Sendiri

Salah satu metode belajar efektif dalam pelajaran matematika yaitu terus berusaha mengerjakan soal-soal. Hal ini disebabkan karena matematika masuk dalam kategori mata pelajaran khusus, yaitu pelajaran yang berisi perhitungan.


Oleh karena itu, kita harus membiasakan berlatih dalam perhitungan matematika. Salah satu cara efektifnya yaitu selalu berusaha membuat soal-soal sendiri terkait dengan bab atau materi pelajaran matematika dan mencoba menyelesaikannya sendiri. Dengan demikian kita akan merasa nyaman dan tenang ketika harus menyelesaikan soal yang tipenya sama. Hal ini karena kita pernah membuat soal tersebut.

Matematika memang sulit, namun sebenarnya pelajaran ini tidaklah suatu momok yang menakutkan, tetapi merupakan sesuatu yang menarik sekali. Dengan sikap seperti ini, ketika pada saatnya nanti kita akan menjadikan pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang tidak menakutkan, bahkan menyenangkan karena menarik hati.

Jika kita sudah bisa mengubah anggapan pelajaran matematika sebagai momok menjadi sesuatu yang sangat menarik hati, maka selanjutnya kita tidak akan kesulitan dalam mempelajari matematika.

0 komentar:

Poskan Komentar