Playlist

Senin, 14 Januari 2013

Cara Meningkatan Kapasitas RAM Komputer / Laptop


Cara Meningkatkan Kapasitas RAM Komputer/ Laptop




Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory. (wikipedia)

Mengacu pada definisi RAM di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa semakin besar kapasitas RAM akan semakin baik kinerja komputer. Bagaimana cara mudah meningkatkan kapasitas RAM? Anda tidak perlu membeli RAM baru. Anda tidak perlu bantuan software. 

Anda juga tidak perlu membeli flashdisc untuk menambah RAM,  mengingat keterbatasan jumlah memori pada flashdisc itu sendiri dan harganya yang cukup mahal. Yang Anda perlukanadalah ruang bebas atau spasi yang ada pada harddisk. Istilah ini sering disebut sebagai ‘menambah page file‘, ‘menambah virtual memory‘ atau ‘menambah RAM dari harddisk‘.

Bagaimana cara melakukannya? Windows sudah menyediakan fitur untuk ini. Untuk Windows XP, lakukan dengan cara berikut:
1.  Buka properti Komputerku (klik kanan pada komputerku dan pilih ‘Properti)>Tingkat Lanjut>Setelan.



2.  Klik ‘Tingkat Lanjut’. Pada ‘Memori maya’, pilih ‘Ubah’.


4.  Beri tanda pada ‘Ukuran pilihan’.


Di sini terlihat drive yang bisa Anda gunakan sebagai ‘Memori maya’. Gambar di bawah hanya sekedar ilustrasi. Anda bisa mengatur nilai ukuran awal dan maksimum pada masing-masing drive. Anda boleh menggunakan salah satu, dua atau semua drive jika memungkinkan. Perhatikan, yang jadi pertimbangan Anda dalam mengisi nilai adalah spasi atau ruang bebas yang ada di drive Anda. Pada contoh ini, saya mengisikan 5000-7000 Mb di drive D karena kebetulan spasi di drive D saya lebih dari 8000 Mb atau 8 Gb.

5.  Jika nilai sudah selesai dimasukkan, klik ‘Setel’ kemudian ‘OK’.

Komputer akan meminta Anda untuk menghidupkan ulang agar pengaturan berpengaruh. Lakukan saja.

Sekarang RAM Anda sudah berhasil ditingkatkan kapasitasnya. Tidak akan lagi muncul peringatan, ‘Virtual Memory  Too Low‘. Karena pada saat RAM habis digunakan untuk membuka berbagai aplikasi, RAM secara otomatis akan menggunakan spasi pada harddisc yang telah Anda atur tadi. Komputer Anda akan lebih optimal bekerja tanpa masalah hang, freez atau lainnya.

Sumber  : http://masarulnasgor.wordpress.com & Wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar