Playlist

Sabtu, 16 Februari 2013

Akhirnya! Membuka Menu dengan Tombol Win di KDE


Akhirnya setelah lama, ternyata kita sudah bisa membuka/menutup menu di KDE dengan satu tombol Win saja. Padahal dulu mungkin kita kira mustahil ini dilakukan. Kita yang sudah akrab dengan Windows jadi agak kehilangan. Sekarang hal ini bisa dilakukan dengan mengakali sistem KDE dalam menganggap tombol Win (di Linux disebut Super atau Meta) menggunakan program.
KDE Logo
Baru-baru ini seorang admin forum KDE bernama Hans telah membuatkan program untuk ini bahkan telah tersedia paket DEB-nya[1]. Nama program ini adalah Ksuperkey. Saya akan tunjukkan caranya di KDE 4.8 pada Ubuntu 12.04.

KDE Desktop

Cara Instal

1) Unduh DEB dari Ksuperkey di sini. Ukurannya cuma 4 KB!
2) Instal dengan open with > Ubuntu Software Center. Atau kalau suka manajer lain, boleh ganti dengan Gdebi atau selainnya.
3) Jika ada peringatan keamanan, abaikan saja. Program ini aman.
Jika sudah Anda instal, sekarang tekan tombol Win Anda. Itu tuh, tombol di antara Ctrl dan Alt. Jika menu sudah bisa muncul, bagus. Namun kalau belum, itu berarti ada yang mesti diatur.

Pengaturan Istimewa

1) Klik kanan pada menu, pilih Application Launcher Setting.

2) Pada tab Keyboard Shortcut, pasangkan shortcut key Alt+F1 di sini. Caranya, klik pada tombol, lalu tekan Alt dan F1 bersamaan.
Sedikit tentang Program Ksuperkey
3) OK.
4) Tes tombol Win Anda.

Sedikit Tentang Program Ksuperkey

Program ini adalah bentuk modifikasi (ini salah satu bukti konsep open source) dari program xcape yang dibuat oleh Albin Olsson. Pada awalnya, menu bisa dibuka dengan jalan me-remapping Win menjadi regular key. Tapi konsekuensinya, kita jadi tak bisa memfungsikan Win untuk shortcut (misalnya Win+E untuk buka explorer). Setelah Hans berpikir ‘gimana ya caranya?’[2], jadilah Ksuperkey ini.
Program ini bekerja semacam ini: jika Anda tekan Win saja lalu melepasnya, Win dianggap regular key. Jika Anda menekan tombol lain bersamaan dengan Win sebelum melepasnya, maka Win dianggap sebagai modifier. Win jadi bisa berfungsi ganda. Inilah kunci kerjanya Ksuperkey.
Mengenai modifier dan regular key: modifier adalah tombol yang berfungsi untuk memodifikasi tombol lain ketika ditekan berbarengan. Dia tidak berfungsi tanpa tombol lain. Contohnya Shift dan Alt. Selama ini, tombol Win di Linux dianggap sebagai modifier. Untuk bisa menjadikannya seperti di Windows, ia harus jadi regular. Dilemanya, Win sebagai modifier dibutuhkan oleh pengguna yang advance, tapi kita juga perlu Win sebagai regular.
Maka Ksuperkey mengatur Alt+F1 (shortcut asli Linux untuk membuka menu) agar sama dengan Win. Jika Win ditekan, maka itu dianggap Alt+F1 oleh Linux. Maka menu terbuka. Jika Win ditahan lalu menekan tombol lain, seketika itu Win berubah jadi modifier sehingga orang seperti Hans tetap bisa menjalankan kebiasaannya. Enak, bukan? Semua pihak diuntungkan. Oya, program ini adalah usulan dari 140+ pengguna KDE di Brainstorming Forum[3]. Alhamdulillah, mimpi lama jadi nyata :)
Semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber: http://blog.fastncheap.com/akhirnya-membuka-menu-dengan-tombol-win-di-kde/#ixzz2L7wnAik7

0 komentar:

Poskan Komentar