Playlist

Sabtu, 16 Februari 2013

Memonitor Aktifitas Internet Anak dengan Mudah


Dunia maya ini ibarat pisau bisa sangat bermanfaat tetapi bisa juga berbahaya apabila digunakan tanpa pengawasan terutama untuk pengguna anak di bawah umur. Sebagai orang tua tentu ingin sekali memberikan pengetahuan terbaik kepada anak, dan internet merupakan salah satu dari sekian metode mendapatkan pengetahuan tanpa batas. Tetapi di sisi lain internet seolah dunia tanpa hukum dan batas, semua dapat ditemukan hanya dengan menekan enter, untuk itu diperlukan pengawasan yang super fleksibel namun efektif.
Memonitor Aktifitas Internet Anak dengan Mudah
Pengawasan yang terlalu ketat barangkali bukan sebuah solusi yang bijak
, anak akan terkungkung dan tidak up to date dalam bidang teknologi, saya yakin itu bukan konsekuensi yang Anda inginkan, untuk itu perlu adanya pengawasan yang efektif mencegah aktifitas yang tidak kita inginkan selama anak ber-online ria di internet tetapi bersifat fleksibel agar mereka tetap dapat menyerap pengetahuan dari sana.
Untuk menerapkan pengawasan yang fleksibel tetapi efektif dapat dengan menggunakan bantuan aplikasi semacam Verity, aplikasi parental control ini sangat mudah digunakan, dan juga sangat efektif diterapkana. Ada banyak fitur yang ditawarkan Verity seperti membatasi waktu online, memblokir situs dan program tertentu, memberikan informasi screenshoot situs yang dikunjungi, memberikan histori aplikasi yang coba dan telah digunakan, dan memberikan akses kepada Anda untuk menghentikan aktifitas online tanpa membatasi kenyamanan aktifitas selama berada di dunia maya. Kita akan coba ulas satu per satu fitur-fitur tersebut.
  • Download aplikasinya terlebih dahulu di sini: http://www.nchsoftware.com/childmonitoring/index.html
  • Instal aplikasi tersebut dan pada saat proses instalasi, isi data admin sesuai dengan data yang Anda inginkan. Ingat, data ini akan Anda pergunakan nanti ketika proses monitor berlangsung.
Pantau aktifitas internet anak dengan software mudah dan murah
  • Pada tampilan utama aplikasi Verity, Anda akan temukan 4 pilihan menu yaitu Control Panel, Setup Wizard, Options dan Suite.
Tampilan utama dari software untuk memantau aktifitas internet anak
  • Pada menu Control Panel Anda akan memiliki akses seperti Saved Activities yakni aktifitas yang tersimpan, Saved Screenshots atau gambar tampilan yang tersimpan, Usage Reports atau laporan penggunaan aplikasi, dan Parental Controls atau akses untuk melakukan pengendalian penggunaan komputer.
Kontrol aktifitas penggunaan internet pada anak di rumah
  • Saya hanya akan mengulas fitur-fitur penting saja yang sekiranya mempunya manfaat paling besar dan juga memberikan tingkat pengawasan yang paling fleksibel. Coba anda klik Parental Controls, di sana akan ada 4 tab menu yang memberikan Anda kemampuan dan akses untuk mengontrol aktifitas buah hati Anda.
  • Klik Prohibited Activities, Di sana dapat Anda temukan beberapa pengaturan seperti View and Configure settings for: (Pilihan pengaturan ini tergantung user yang Ada pada komputer Anda, apabila Anda membuatkan sebuah user untuk putra atau putri Anda, maka pilihlah user tersebut) Kemudian Anda dapat mencentang kotak Auto close prohibited program and websites untuk mengaktifkan fitur menutup aplikasi secara otomatis apabila aplikasi atau situs tersebut diakses, daftar situs dan aplikasi dapat Anda isi pada kotak yang ada di bawah. Isi Prohibited Website dengan alamat situs-situs dewasa atau dengan kata kunci yang tidak senonoh, jika kata kunci atau situs di dalam kotak digunakan maka aplikasi atau browser akan otomatis tertutup.
Filter website dan kata kunci tertentu agar tidak diakses oleh anak
  • Klik tab Time Limits apabila Anda ingin membatasi waktu yang dihabiskan buah hati Anda, Anda dapat mengatur batas waktu berdasarkan hari dan jam agar dapat disesuaikan dengan hari dan jadwal belajar mereka.
Batasan aktifitas internet pada anak
  • Pada menu Saved Screenshots Anda dapat melihat situs-situs apa saja yang dikunjungi oleh buah hati Anda lengkap dengan tampilan situs. Selain itu Anda juga dapat melihat tampilan aplikasi pada saat dijalankan.
Screenshot dari website yang dikunjugi oleh anak anda
  • Pada menu Saved Activities, Anda dapat melihat aplikasi dan situs apa saja yang dijelajahi oleh putra atau putri Anda, berapa lama mereka berada di sana dan seberapa sering kunjungan yang dilakukan setiap kali menggunakan komputer.
Daftar website yang sudah dikunjungi oleh anak anda
Aplikasi ini relatif kecil namun mempunyai kemampuan yang sangat baik, terlebih dengan manfaat yang dapat Anda dapatkan tentu tidak salahnya untuk dicoba. Anda dapat pula menambahkan parental control default (Setting default untuk memantau aktifitas internet pada anak) yang telah disiapkan oleh Windows, terutama untuk membatasi aplikasi-aplikasi tertentu sehingga kualitas kontrol Anda akan semakin maksimal.


Sumber: http://blog.fastncheap.com/memonitor-aktifitas-internet-anak-dengan-mudah/#ixzz2L7vJpkf2

0 komentar:

Posting Komentar