Playlist

Sabtu, 16 Februari 2013

Mengatur Fungsi Windows Dengan Aplikasi Manage It


Secara default ada banyak sekali fungsi-fungsi Windows yang aktif dan berjalan di dalam komputer meskipun hampir tidak pernah digunakan atau bahkan benar-benar tidak digunakan. Biasanya untuk beberapa tipe orang yang tidak suka mengotak-atik komputer, fungsi-fungsi seperti Registry Editor, Command Prompt, Run, Help and Support, Taskbar Context Menu atau Bahkan Control Panel tidak pernah tersentuh oleh mereka. Nah apabila Anda tipe pengguna yang lurus dan anteng, barangkali Anda cocok untuk menginstal aplikasi yang satu ini; Manage It!
Mengatur fungsi Windows dengan aplikasi Manage ItAplikasi Manage It! memiliki kemampuan mengatur fungsi-fungsi default Windows seperti Registry Editor
, Command Prompt, Run, Help and Support, Taskbar Context Menu, Control Panel dan masih banyak lainnya. Hebatnya lagi aplikasi ini tidak perlu Anda instal ke dalam sistem komputer Anda, berukuran hanya 481kb, mudah digunakan dan lagi-lagi gratis.
Di kesempatan kali ini saya akan coba mengulas lebih dalam apa sih manfaat aplikasi Manage It!, bagaimana penggunaan-penggunaan tools yang ada di dalamnya, tetapi saya hanya akan membahas fitur-fitur penting saja agar tidak terlalu panjang yang justru membosankan.
Download Manage It dari website resminya
  • Setelah aplikasi berhasil Anda download, jalankan aplikasi tanpa instal. Gambar berikut ini adalah tampilan depan aplikasi Manage It!
  • Seperti yang anda lihat di dalam gambar, ada banyak sekali kotak pilihan yang telah tercentang dan beberapa ada yang belum. Kotak yang telah bertanda menunjukkan bahwa fungsi tersebut sedang aktif di dalam komputer Anda, dan yang tidak bertanda menunjukkan fungsi Windows tidak aktif. Anda dapat melakukan modifikasi fungsi, silahkan pilih fungsi Windows yang tidak Anda butuhkan kemudian klik tombol Restart.
Pengelolaan aplikasi menggunakan manae It
  • Apabila Anda menginginkan mengatur fungsi lain, silahkan klik menu tab Advanced –> Windows. Di dalam pengaturan ini, Anda dapat merubah nama terdaftar sebagai nama komputer dan perusahaan, silahkan isi sesuai dengan keinginan Anda, klik tombol Done untuk menyimpan pengaturan.
  • Kemudian pada bagian get Control of Your Windows ada 2 tombol pilihan yaitu Disable Auto Restart yang berfungsi untuk mematikan fungsi Restart otomatis ketika Anda melakukan update driver atau program. Kemudian tombol Make Sleep/Shutdown Button Untouched berfungsi untuk mematikan tombol Sleep danShutdown pada Start Menu. Jika suatu saat Anda ingin mengembalikan ke pengaturan semula, klik tombol Change Back to Default.
v

Menambahkan Fungsi GodMode

  • Fungsi GodMode ini sangat unik, biasanya di dalam dunia gaming, biasa diklasifikasi sebagai cara curang karena dengan mode ini pemain dapat melakukan sesuatu yang lebih hebat dibandingkan pemain lain. Sama halnya di dalam Windows, dengan adanya fungsi Godmode Anda akan memiliki Control Panel tambahan di mana di dalamnya terdapat banyak sekali pilihan pengaturan yang relatif lebih lengkap dan lebih cepat, menu pengaturan di dalam GodMode tidak akan Anda temukan di dalam Control Panel biasa. Caranya membuatnya klik tab menu Tools –> GodMode –> Browse –> Pilih folder yang diinginkan.
GodMode pada manage It
  • Sebagai contoh kasus, folder yang saya pilih adalah Local Disk (D), klik OK
  • Lalu klik tombol Create seperti dalam gambar di bawah ini, lalu klik OK apabila ada jendela dialog kecil muncul di layar komputer Anda.
Contoh penggunaan Manage It
  • Buka Windows Explorer, klik Local Disk (D) dan di dalam disk D tersebut Anda akan menemukan sebuah folder dengan ikon Control Panel dengan nama GodMode, silahkan klik dua kali untuk membuka folder.
Icon folder pada operasi GodMode dari Manage It
  • Maka kemudian Anda akan melihat banyak sekali menu pengaturan yang dapat Anda pergunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Kontrol penggunaan Manage It untuk mengelola aplikasi website
Aplikasi Manage It! ini seperti cabai rawit, kecil tapi pedasnya mengigit. Dengan ukuran hanya 481kb, jelas sekilas aplikasi ini terlihat tidak mempunyai kemampuan yang mumpuni apalagi besar. Tetapi kenyataannya tidak demikian, bahkan yang saya jabarkan ini hanya 70% dari seluruh menu yang ada, so jangan anggap remeh aplikasi mini ini, tidak percaya? silahkan coba!


Sumber: http://blog.fastncheap.com/mengatur-fungsi-windows-dengan-aplikasi-manage-it/#ixzz2L7v0H8Xv

0 komentar:

Posting Komentar