Playlist

Minggu, 17 Februari 2013

ULASAN FIFA 13


Judul game sepak bola besar lainnya sekaligus saingan besar game Pro Evolution Soccer 2013. Game tahunan keluaran EA Sport ini memang sudah terkenal sangat bagus dan mendapatkan perhatian lebih dari para gamer. Namun yang jadi pertanyaan apakah game tahun ini akan lebih bagus dari game FIFA sebelumnya, FIFA 12? Sama saja atau lebih buruk?
Saya disini akan coba mengupasnya dalam FIFA 13 Review ini.

Gameplay

Untuk gameplay, saya akan coba mulai dari kontrol. Sejauh ini kontrol yang dihadirkan oleh FIFA 13sangat realistis. Baik itu dari merebut bola, dribling, dan gerakan lainnya. Jadi gamer jika ingin merebut bola, lakukanlah dengan tepat. Karena jika tidak tepat, lawan akan bergerak lebih leluasa. Selain itu juga arah gerak pemain benar-benar bebas sesuai dengan kontroler kita. Jika arah kita ke atas, maka pemain akan ikut ke atas, tidak mengikuti bola.
Dalam memainkan game ini kita harus benar-benar fokus dan hati-hati dalam menggerakan gamepad kita, karena semua gerakan diatur oleh kita alias ‘Complete Controls’.
FIFA 13 4 640x512 FIFA 13 Review

Gerakan lain yang menarik disini adalah celebrations. Kita bisa melakukan selebrasi sesuai dengan keinginan kita. Setelah mencetak gol, kita masih bisa mengontrol pemain kita dan berlari melakukan selebrasi sampai teman-teman satu tim menghampirinya. Ada banyak jenis selebrasi yang bisa dilakukan oleh gamer di FIFA 13, dan hal ini membuat pertandingan menjadi tidak monoton alias lebih variatif.
FIFA 13 3 FIFA 13 Review
Dalam FIFA 13, hal yang gamer harus perhitungkan hanya overall skill pemain dan stamina. Tidak ada faktor lain yang harus diperhitungkan dalam memilih pemain, baik sebelum pertandingan maupun selama pertandingan. Nantinya gamer akan menemukan stamina gauge yang menunjukkan status stamina pemain ketika melakukan dribbling, dan akan berkurang apabila pemain sprint.
Fitur yang dihadirkan dalam game FIFA 13 terbilang mantap. Jumlah klub yang sangat banyak. Hampir semua klub di negara-negara besar diikutsertakan, baik itu liga utama maupun liga divisi. Selain itu juga nama wasit dan manajer diikutsertakan disini.

FIFA 13

Career mode yang mantap


Gamer akan berlatih menjadi seorang manager atau player yang baik dalam Career mode. Ada berita yang hadir di setiap momen, dan gamer juga tidak akan mudah untuk membeli pemain. Setelah gamer bernegosiasi dengan klub, gamer juga harus bernegosiasi dengan pemain tersebut untuk menentukan bonus goal dan gaji per periodenya, seolah-olah gamer benar-benar menjadi seorang manajer sungguhan.
FIFA 13 Career mode  FIFA 13 Review

FIFA 13

Grafis

Game ini merupakan game sepak bola yang memiliki kualitas grafis yang paling mantap selama ini. Detail dari pemain benar-benar sangat mirip, walaupun ada sebagian kecil yang tidak mirip. Lekukan baju dari pemain pun terasa sangat realistis, baik itu ketika cuaca cerah maupun hujan. Walaupun semua lekukan setiap pemain sama, tapi hal ini tidak mengurangi kerealistisannya.
FIFA 13 grafis FIFA 13 Review
Detail bukan hanya di pemain saja, tetapi juga lingkungan juga memiliki kualitas grafis yang mantap. Dari pencahayaan dan atribut di dalam stadion sangat mantap. Tapi satu hal yang disayangkan disini, yaitu grafis penonton yang terlihat seperti gambar 8-bit. Jika dari jauh atau selama pertandingan, penonton ini akan terlihat real dan bagus. Tapi jika dilihat dari dekat atau ketika sedang ada cutscene pemain, akan nampak terlihat penonton yang gambarnya tidak detail.
FIFA 13 1 FIFA 13 Review

FIFA 13 2 FIFA 13 Review

Audio

Untuk audio dalam game ini terdengar bagus. Seperti backsound selama mengakses main menu (walaupun tidak diketahui judul lagunya tapi easy listening), suara teriakan supporter yang beragam sesuai dengan klub tuan rumah.
Namun ada satu hal yang menjadi nilai lebih dari game ini, commentary yang variatif. Sang komentator tidak hanya fokus pada pertandingan saja, di tengah-tengah pertandingan selama tidak ada momen yang krusial, sang komentator membicarakan klub masing-masing, baik membicarakan manajernya (jika bermain menggunakan Real Madrid, sang komentator akan membicarakan sang pelatih Jose Mourinho di tengah-tengah pertandingan) maupun klubnya.

Replayability

Saya yakin gamer akan terus-terusan memainkan game ini dan tidak akan puas jika hanya memainkan game ini satu kali. Apalagi jika memainkan Career mode, pasti gamer akan terus memainkannya sampai youth player bisa menjadi pemain pro. Selain itu juga gamer juga bisa memainkan game ini dengan teman-teman gamer.
FIFA 13 Ready FIFA 13 Review

Longevity

Waktu pertadingan yang dihadirkan dalam satu babaknya standard-nya selama 6 menit. Tapi jika gamer kurang puas, gamer bisa mengaturnya menjadi lebih singkat atau lebih lama. Waktu tiap babak yang ditawarkan antara 4 menit sampai 20 menit.

Overall

FIFA 13 merupakan game sejuta umat yang memang tidak diragukan lagi kualitasnya dari semua aspek, baik dari grafis, gameplay, sampai Audio. Dari 1 sampai 10, saya beri nilai 9 untuk game FIFA 13.
Sumber : http://sidviciouse.com/blog/fifa-13

0 komentar:

Poskan Komentar